Situ Patenggang

444 Hits
Kabupaten Bandung
Pemerintah Kabupaten Bandung

Jln. Raya Soreang Km. 17 Soreang
Kab. Bandung
Jawa Barat
Indonesia
Alamat email: info@bandungkab.go.id
Telepon/Fax: 022-5891691/1183 (untuk Informasi No.Telepon SKPD, dsb.) Subbag Sandi dan Telekomunikasi

Bog-Bdg-Ciwidey 222

Keindahan alam di Jawa Barat memang sudah diakui oleh masyarakat di Indonesia bahkan keluar negeri. Objek wisata yang berada di kota dan kabupaten Bandung menjadi sasaran wisatawan untuk melepaskan rasa penat beraktivitas. Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Situ Patenggang.

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan wisata alam Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey yang berjarak kurang lebih 35 KM dari kota Bandung. Danau ini memiliki pemandangan yang eksotik karena dikelilingi oleh hamparan kebun teh yang luas dan asri. Berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut membuat hawa di sekitar menjadi sejuk. Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar dan memiliki lokasi cagar alam mencapai 123.077,15 hektar. Karena lokasinya dekat dengan objek wisata Kawah Putih dan Tangkuban Perahu, wisatawan menjadikan pilihan untuk bersantai dan sekedar mengarungi Situ Patenggang.

Dibalik pemandangan yang indah, Situ Patenggang memiliki cerita rakyat yang menarik.  Diambil dari Bahasa Sunda , “Situ” yang berarti danau dan “Patenggang” yang berarti pateangan-teangan (saling mencari). Sebuah cerita cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis. Setelah berpisah sekian lamanya dengan rasa cinta yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta”. Dewi Rengganis minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Batu Cinta dan Pulau Asmara di Telaga Situ Patengan Ciwidey

Untuk menikmati keidahan danau ini, Anda bisa berkeliling dengan menggunakan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan di sekitar area danau. Dengan menyewa kapal, Anda dapat mengunjungi Pulau Asmara dan Batu Cinta yang terdapat di seberang daratan. Di sekitar kawasan Situ Patenggang, juga terdapat jajaran kios pedagang yang menyediakan jajanan khas ciwidey seperti strawberry. Fasilitas umum yang tersedia juga lengkap, seperti: area parkir, mushola,  MCK dan rumah makan.

Untuk menuju lokasi Situ Patenggang, Anda dapat menggunakan angkutan umum dari Bandung berupa bis dari terminal Leuwipanjang ke terminal Ciwidey. Lalu disambung dengan angkutan desa ke Situ Patenggang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melalui jalur jalan kopo – soreang – ciwidey -situ patenggang.

Harga tiket masuk Situ Patenggang 2016

sumber :

Hotel Terdekat

Peluang Pariwisata Serupa