Kampung Cai Ranca Upas

251 Hits
Kabupaten Bandung
Kampung Cai Ranca Upas

Marketing (www.rancaupas.com)
@ Ecep Upas
CONTACT:
(SMS ONLY) 0853-2000-0743

@ Aang Upas
CONTACT:
(SMS ONLY) 0821-2679-5857
Email: aang.upas@gmail.com


Tidak jauh dari kawasan Kawah Putih dan Danau Situ Patenggang, Anda akan menemukan Kampung Cai Ranca Upas di tengah-tengah hutan hijau nan subur yang keindahan alamnya bisa memanjakan mata. Tempat ini terletak di Desa Alam Indah, Kecamatan Ranca Upas, Kabupaten Bandung, sekira 50 km sebelah selatan Kota Bandung, ibukota Provinsi Jawa Barat.

Luas Ranca Upas sekira 215 hektar, terasa sejuk karena berada 1.700 meter di atas permukaan laut dengan kisaran suhu udara 17°C-20°C. Di sekitar area ini terdapat hutan lindung serta beragam tumbuhan seperti pohon huru, hamirung, jamuju, kihujan, kitambang, kurai, pasang dan puspa. Faunya di sini juga begitu kaya dengan keberadaan burung serta beberapa satwa lainnya.

Dalam bahasa sunda, Kampung Cai berarti Desa Air sehingga kawasan ini bisa juga disebut Desa Air Ranca Upas. Ranca Upas awalnya merupakan sebuah bumi perkemahan dan pusat pelatihan outdoor untuk berbagai komunitas. Karena karakteristik alam dan geografisnya yang sangat khas, Ranca Upas kemudian ditetapkan sebagai taman alam yang menawarkan fasilitas menarik dan aktifitas menarik, sebut saja kolam renang air hangat, war games dan ATV.
Atraksi yang tak kalah menarik adalah mengunjungi konservasi rusa dimana Anda dapat mengamati dan berinteraksi langsung dengan hewan tersebut. Dalam area seluas 5 hektar tersebut, Anda bisa memberi makan rusa dengan wortel dan sayuran yang sudah disediakan.

Spesies rusa yang ditangkar adalah rusa jawa (Cervus timorensis) yang memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan, dengan bagian leher dan kaki yang berwarna lebih terang. Awalnya Ranca Upas hanya memiliki 11 ekor rusa dan 5 diantaranya betina. Akan tetapi, setelah bertahun-tahun rusa dipelihara, lahirlah bayi-bayi rusa yang ikut hidup berkelompok bersama rusa dewasa lainnya. Area konservasi ini terhubung dengan area outbound Tegal Kawani.
Informasi lebih lanjut tersedia di situs www.rancaupas.com

Sumber: Pesona Indonesia

Hotel Terdekat

Peluang Pariwisata Serupa