Proyek Kerjasama Pemerintah & Swasta – Sistem Penyediaan Air Minum Pondok Gede dan Jati Asih

124 Hits
Infrastruktur, Utilitas, & Transportasi
Energi,_
Kota Bekasi

Bagian Kerjasama dan Investasi/ KSI
Sekretariat Daerah Kota Bekasi
Jl. Ahmad Yani No.1, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Telepon: +62 021 88961767, Fax: +62 021 88959980

,_

pdam-bekasi

Kota Bekasi yang terletak di Provinsi Jawa Barat merupakan penyeimbang ibukota Jakarta  yang berkembang dengan pesat. Perkembangan ini perlu diikuti oleh pembangunan infrastruktur utilitas yang memadai pula, salah satunya dengan penyediaan air minum perpipaan. Total cakupan pelayanan air minum perpipaan pada tahun 2014 adalah sebesar 24,04%. Angka ini masih jauh dari target pencapaian MDGs pada tahun 2015. Maka dari itu, pemerintah Kota Bekasi berupaya keras dalam meningkatkan cakupan pelayanan ar minum perpipaan dengan melakukan upaya pelaksanaan berbagai program dan sumber pendanaan. Salah satu skema pembiyaan yang akan dilaksanakan adalah melalui proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)

Tujuan dari proyek KPBU SPAM PGJA ini adalah untuk memberikan akses air minum perpipaan di wilayah Kecamatan Pondok Gede, dan Kecamatan Jati Asih yang selama ini belum pernah mendapatkan akses tersebut. Wilayah pelayanan di Kecamatan Pondok Gede hanyalah di wilayah sebelah selatan jalan tol Jakarta-Cikampek. Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dari proyek ini adalah Walikota Bekasi.

Kondisi penyediaan air minum yang layak di Kota Bekasi saat ini masih di angka 24,04% dari penduduknya yang terlayani air minum perpipaan melalui sistem penyediaan air minum yang dilayani oleh PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, pengelola perumahan Bamus Pondok Hijau, pengelola perumahan Kemang Pratama, dan pengelola perumahan Citra Grand. Sebagian masyarakat lainnya masih mengandalkan air tanah sebagai sumber airnya.

Berikut adalah skema rencana pengembangan pelayanan Air Minum PDAM Tirta Patriot:

  1. Peningkatan dan pembangunan jaringan distribusi air minum
  2. Peningkatan dan pengembangan kapasitas instalasi pengolahan air bersih (IPAB) yang telah ada saat ini.
  3. Peningkatan dan pembangunan jaringan saringan langsung (SL)
  4. Pembangunan hidran umum
  5. Pembangunan IPAB dengan sumber air Tarum Barat
  6. Pembangunan instalasi pengolahan air sederhana memanfaatkan air tanah dan air permukaan.

Pertumbuhan penduduk yang pesar sebesar 3,75% per tahun di Kota Bekasi harus diimbangi dengan pertumbuhan cakupan layanan air minum perpipaan yang memadai. Survey RDS menunjukkan keinginan masyarakat untuk menyambung ke sistem SPAM PGJA tidak terlalu tinggi (53%), namun dengan kapasitas rencana yang ada (300 liter/detik) belum mampu memenuhi keinginan tersebut, sehingga dapat dikatakan bahwa pasar untuk SPAM PGAJ ini sangatlah tinggi dan sangat potensial untuk dikembangkan.

Peluang Investasi Serupa