Pengolahan Air Jatigede

5 Hits
-
-
Kota Banjar
-

Ulasan Proyek

Pengolahan Air Daerah Jatigede adalah proyek penyediaan air yang direncanakan oleh Pemerintah Jawa Barat di Kabupaten Sumedang. Proyek ini bertujuan untuk mendistribusikan air bersih secara merata dan meningkatkan cakupan area layanan air bersih di Wilayah Cirebon Raya.

Wilayah Cirebon Raya direncanakan menjadi Pusat Nasional untuk Pertumbuhan Ekonomi. Kebijakan ini akan memicu permintaan air bersih di daerah tersebut berdasarkan populasinya. Namun, pelayanan di beberapa kota masih tertinggal (185%).

Proyek ini bertujuan juga untuk memenuhi permintaan air bersih dengan menyediakan infrastruktur distribusi. Aliran pendapatan berasal dari penjualan air bersih dari Tirta Gemah Ripah ke badan air daerah.

Lokasi: Kabupaten Sumedang

Proyeksi Penumpang: 1500 lt / dtk

Nilai Investasi: 2,3 Triliun Rupiah – 162 Juta USD

Area Cakupan: Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Sumedang, dan Indramayu

Status Tanah: Dimiliki oleh perorangan dan Provinsi

Pemilik Proyek: Kantor Pemukiman Jawa Barat

Skema Investasi: PPP

Pentingnya Pengembangan Jatigede

Tingkat Layanan Air Bersih

Berkembangnya kegiatan perkotaan di Wilayah Metropolitan Cirebon Raya memungkinkan peningkatan permintaan akan air bersih. Di sisi lain, tidak semua kabupaten / kota memiliki potensi sumber daya air yang cukup.

Dari data laporan kinerja PDAM 2017 dan BPS Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018. Dijelaskan bahwa populasi yang telah dialiri air bersih di Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu sangat kecil dengan rata-rata 18,5% dari total populasi di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, kolaborasi Pemerintah Kota / Kabupaten dengan Pemerintah Provinsi dalam pengembangan Sistem Pasokan Air Minum Daerah (SPAM) Jatigede akan memenuhi permintaan yang meningkat untuk semua penduduk Wilayah Cirebon Raya dan meningkatkan nilai efisiensi dalam penyediaan strategis air bersih.

Peluang Investasi Serupa