Pengembangan TOD Sukaresmi

93 Hits
Infrastruktur, Utilitas, & Transportasi
Jalan Tol, Pelabuhan, Bandara, & Sejenisnya,_
Kota Bogor
-

Transit oriented development (TOD) merupakan salah satu pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan memaksimalkan penggunaan angkutan umum seperti busway, kereta api, dan dilengkapi jalur khusus pejalan kaki dan sepeda. Sistem TOD akan sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan kemacetan bagi para penduduk sekitar. Bahkan sistem TOD dapat mengurangi total kemacetan hingga 85%, dan dapat mengurangi ketergantungan terhadap kendaraan pribadi. Hal ini juga dapat menjadi solusi bagi perubahan iklim dan pemanasan global akibat konsumsi bahan bakar.

sukaresmiWilayah Tanah Sareal, yang merupakan bagian dari Sukaresmi merupakan area utama kota Bogor. Maka dari itu, pengimplementasian perencanaan pembangunan ini harus dipertimbangkan untuk dibangun di daerah ini. Stasiun Lawang Taleus akan dijadikan pusat stasiun kereta api di Kota Bogor, dan menyediakan sistem transportasi perkeretaapian yang efisien antara Jakarta dan Bogor. Hal ini juga akan dikombinasikan dengan sistem transit bus cepat, sehingga TOD Sukaresmi akan sangat bisa mengurangi kemacetan jalan Jakarta-Bogor ataupun sebaliknya. Bagi para pengguna mobil pribadi, area stasiun Lawang Taleus akan difasilitasi dengan area parkir yang memadai. Pembangunan mall dan perkantoran dalam satu gedung juga dapat memudahkan para pekerja.

Adapun kesempatan yang dibuka bagi para investor, diantaranya adalah:

  1. Pembangunan gedung stasiun
  2. Pembangunan terminal
  3. Pembangunan mall
  4. Pembangunan gedung perkantoran
  5. Pembangunan area parkir.

Proyek ini terbuka bagi kalangan swasta dengan skema BOT untuk maksimal 30 tahun. Berikut tercantum indicative investment schedule untuk TOD Sukaresmi (Area B):

2016: bidding dokumen persiapan awal

2017: Semester 1 – Proses Bidding

2017: Semester 2 –¬†Konstruksi

2018: Pemeliharaan

Peluang Investasi Serupa