Pengembangan Kawasan Agribisnis Rancamaya

47 Hits
Infrastruktur, Utilitas, & Transportasi
-
Kota Bogor
-

Agribisnis sering dijadikan salah satu prospek bisnis menarik bagi pada investor akhir-akhir ini. Kota Bogor memiliki keistimewaan sendiri, terletak pada ketinggian 190-330 meter dari permukaan laut, dengan kelembaban udara yang tinggi membuat keadaan tanah di kota hujan ini subur untuk bercocok tanam beberapa jenis buah-buahan dan sayuran, serta untuk ternak ikan. Keunikan iklim lokal ini dimanfaatkan oleh para perencana kolonial Belanda dengan menjadikan Bogor sebagai pusat penelitian botani dan pertanian, yang diteruskan hingga sekarang.

Picture1Adanya akses tol BOCIMI yang menyambungkan antara Bogor-Ciamis-Sukabumi memfasilitasi konsumen potensial dari Jakarta, jalur tol ini memberi akses langsung ke pusat pasar agribisnis. Terminal Rancamaya tepat berada di kawasan strategis, dan bisa menjadi terminal agribisnis terbesar di kota Bogor. Selain itu, dalam kawasan ini akan dibangun gedung empat tingkat yang akan digunakan untuk area pasar di lantai satu, dan sisanya untuk tempat parkir.

Pasar ini akan menjadi wadah perdagangan bagi para petani dan tengkulak. Area parkir yang luas dan eksklusif dapat menampung truk dan mobil besar untuk keperluan distribusi. Kawasan agrotourism akan dibangun pula sejalan dengan terminal untuk lebih mempercantik area tersebut secara keseluruhan. Pembangunan cottage dan fasilitas outbound juga akan dibangun untuk dijadikan tempat rekreasi bagi mereka yang ingin menghabiskan akhir pekan di kota Bogor.

Kesempatan untuk berinvestasi sangat terbuka luas bagi para invesetor yang ingin bekerjasama untuk pembangunan kawasan ini, diantaranya:

  1. Pembangunan gudang
  2. Terminal muatan/kargo (freight terminal)
  3. Fasilitas penyortiran dan pengemasan makanan dan sayuran
  4. Pasar sentral
  5. Pasar swalayan

Kriteria pencarian investor salah satunya adalah kemampuan untuk mengintegrasi pengembangan kawasan komersil dengan pengembangan infrastruktur transportasi yang ada di kota Bogor. Investor harus punya visi dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesustainabilitas lingkungan kota Bogor.

Peluang Investasi Serupa