Pengembangan Jalur Kereta Api Jawa Barat

209 Hits
Infrastruktur, Utilitas, & Transportasi
Jalan Tol, Pelabuhan, Bandara, & Sejenisnya, Transportasi,_
Kota Bandung
-

Priangan_EkspressProyek perkeretaapian di Jawa Barat sudah dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemprov Jabar mengatakan selesainya peningkatan double track rel kereta pantura akan dilanjutkan ke lintas selatan. Selain itu, jalur lintasan kereta Cibungur (Purwakarta) – Tanjurngrasa (Subang) akan diperpendek.

Akan ada shortcut dari jalur tengah untuk menuju jalur utara, sehingga nantinya transportasi angkutan barang, termasuk orang, dari arah Cirebon menuju Bandung bisa dilakukan tanpa membebani jalur Pantura yang sudah terlalu padat.

Selain itu, jalur kereta api yang akan kembali diaktifkan adalah jalur Tanjungsari-Rancaekek. Serta, optimisasi perkeretaapian Jabodetabek, Sukabumi-Bogor-Cianjur-Padalarang. Selain itu akan dilakukan aktivasi ulang jalur Banjar-Cijulang.

Sesuai grand design perkeretaapian nasional pada tahun 2011-2014, pemerintah telah menyiapkan beberapa proses pembangunan dan pengembangan perkeretaapian, diantaranya pengadaan 24 unit KRL dan survei pendahuluan pada jembatan kereta api lintas selatan Jawa.

Adapun proses operasionalisasi kereta api lintas selatan dari Cirebon sampai Surabaya adalah melalui Jogjakarta-Solo ditargetkan mulai difungsikan pada tahun 2017.

Peluang Investasi Serupa